Selasa, 21 Januari 2014

Belajar Ms. Excel


Tips Mengusai Excel
Jika Anda dapat mengusai Microsoft Excel 2010 maka Anda akan menjadi aset yang berharga untuk perusahaan. Banyak bidang dan sektor industri menggunakan aplikasi pengolahan angka tersebut, membuat dan memformat lembar kerja (koleksi spreadsheet) untuk membantu mereka menganalisa operasi kerja mereka untuk membuat berbagai keputusan strategis.

Semua pekerjaan yang melibatkan penghitungan, anggaran, tagihan dan penjualan, serta pelaporan atau perencanaan akan membutuhkan kemampuan Excel yang mumpuni. Berikut adalah tips dan trik bermanfaat yang dapat Anda gunakan:

Membuat formula dan memformat
Terbiasalah dengan formula dan memformat maka Anda akan dapat dengan mudah mengusai Excel 2010. Untuk memformat angka-angka, cukup pilih kotak yang ingin Anda ubah, lalu tekan Home Tab, pada Number Group, klik Dialogue Box Launcher yang berada di dekat Number (atau tekan CTRL+1) dan pilih format mana yang ingin Anda gunakan dari Category List.

Contohnya, jika Anda mengerjakan hal yang berkaitan dengan mata uang, Anda dapat menggantinya antara pounds Inggris, dollar Amerika, euro dan masih banyak lagi, tentukan berapa desimal yang ingin ditampilkan dan bagaimana angka-angka negatif yang ingin ditampilkan. Untuk membuat formula, ketik tanda sama dengan (=), di dalam kotak, diikuti dengan kombinasi angka serta operasinya, contohnya 3+7.

Anda juga dapat memilih kolom dan baris dari kotak lalu masukkan sebuah operasi untuk menjumlahkan, mengurangi, membagi atau mengalikannya, lalu klik "enter" untuk melengkapi formula tersebut. Cara lainnya, gunakan tool AutoSum dan biarkan Excel melakukan perhitungannya untuk Anda, jenius bukan!
Memfilter dan mengurutkan untuk membuat data Anda menjadi logis.

Untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam data di sebuah pengolahan angka Excel, Anda harus belajar bagaimana cara menggunakan Filter dan fungsi-funsi Sort secara efektif.

Untuk memfilter data, pertama pilih data yang dianalisa, lalu pada tab Data, pada grup Sort & Filter, klik Filter. Sekarang klik tanda panah pada kolom untuk menampilkan daftar pilihan filter, tentukan nilai mana yang digunakan pada data yang telah Anda pilih sebelumnya, dan klik OK untuk melihat hasil pemfilteran tersebut.
Untuk mengurutkan data dengan cepat, pilih jajaran baris dan kolom terlebih dahulu (termasuk judul jika Anda menginginkannya), pilih kotak dalam kolom yang ingin Anda susun kembali, dan klik dengan berurutan ke atas atau ke bawah (A ke Z, angka terkecil ke yang terbesar, dan sebaliknya).

Anda juga dapat menggunakan Sort dialogue box untuk mengurutkan dengan menggunakan Values, Cell Colour, Font Colour atau Cell Icon. Data pengolahan angka Excel juga dapat diurutkan dan difilter secara otomatis dengan menggunkan tool AutoFilter.
Simpan datanya di SkyDrive
Anda mengakses pengolahan data Anda secara online, dengan menggunakan Microsoft Excel 2010 dan akun Windows Live. Unggah lembar kerja Anda ke dalam folder di SkyDrive yang bisa didapatkan secara gratis dengan kapasitas 25Gb yang dapat membuat Anda terus terhubung dengan berbagai pekerjaan di manapun Anda berada, melihat dan mengedit dokumen seperti layaknya sedang mengerjakannya di meja kerja.

Tips unggulan, Microsoft Excel 2010 menampilkan banyak jenis template yang sudah tersedia di dalamnya dengan berbagai fungsi yang populer seperti anggaran, untuk mengetahui lebih banyak lagi Anda dapat mengunduhnya dari http://Office.com. Jika Anda benar-benar ingin mengesankan atasan baru, Anda bahkan bisa membuat tampilan sesuai dengan keinginan.
http://gayahidup.plasa.msn.com/student-guide/tips-mengusai-excel-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar