Tips Mengusai Excel
Jika Anda dapat mengusai Microsoft Excel 2010 maka Anda akan menjadi aset
yang berharga untuk perusahaan. Banyak bidang dan sektor industri menggunakan
aplikasi pengolahan angka tersebut, membuat dan memformat lembar kerja (koleksi
spreadsheet) untuk membantu mereka menganalisa operasi kerja mereka untuk
membuat berbagai keputusan strategis.Semua pekerjaan yang melibatkan penghitungan, anggaran, tagihan dan penjualan, serta pelaporan atau perencanaan akan membutuhkan kemampuan Excel yang mumpuni. Berikut adalah tips dan trik bermanfaat yang dapat Anda gunakan:
Membuat formula dan memformat
Terbiasalah dengan formula dan memformat maka Anda akan dapat dengan mudah mengusai Excel 2010. Untuk memformat angka-angka, cukup pilih kotak yang ingin Anda ubah, lalu tekan Home Tab, pada Number Group, klik Dialogue Box Launcher yang berada di dekat Number (atau tekan CTRL+1) dan pilih format mana yang ingin Anda gunakan dari Category List.
Contohnya, jika Anda mengerjakan hal yang berkaitan dengan mata uang, Anda dapat menggantinya antara pounds Inggris, dollar Amerika, euro dan masih banyak lagi, tentukan berapa desimal yang ingin ditampilkan dan bagaimana angka-angka negatif yang ingin ditampilkan. Untuk membuat formula, ketik tanda sama dengan (=), di dalam kotak, diikuti dengan kombinasi angka serta operasinya, contohnya 3+7.
Anda juga dapat memilih kolom dan baris dari kotak lalu masukkan sebuah operasi untuk menjumlahkan, mengurangi, membagi atau mengalikannya, lalu klik "enter" untuk melengkapi formula tersebut. Cara lainnya, gunakan tool AutoSum dan biarkan Excel melakukan perhitungannya untuk Anda, jenius bukan!
Memfilter dan mengurutkan untuk membuat data Anda menjadi logis.
Untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam data di sebuah pengolahan angka Excel, Anda harus belajar bagaimana cara menggunakan Filter dan fungsi-funsi Sort secara efektif.
Untuk memfilter data, pertama pilih data yang dianalisa, lalu pada tab Data, pada grup Sort & Filter, klik Filter. Sekarang klik tanda panah pada kolom untuk menampilkan daftar pilihan filter, tentukan nilai mana yang digunakan pada data yang telah Anda pilih sebelumnya, dan klik OK untuk melihat hasil pemfilteran tersebut.
Untuk mengurutkan data dengan cepat, pilih jajaran baris dan kolom terlebih dahulu (termasuk judul jika Anda menginginkannya), pilih kotak dalam kolom yang ingin Anda susun kembali, dan klik dengan berurutan ke atas atau ke bawah (A ke Z, angka terkecil ke yang terbesar, dan sebaliknya).
Anda juga dapat menggunakan Sort dialogue box untuk mengurutkan dengan menggunakan Values, Cell Colour, Font Colour atau Cell Icon. Data pengolahan angka Excel juga dapat diurutkan dan difilter secara otomatis dengan menggunkan tool AutoFilter.
Simpan datanya di SkyDrive
Anda mengakses pengolahan data Anda secara online, dengan menggunakan Microsoft Excel 2010 dan akun Windows Live. Unggah lembar kerja Anda ke dalam folder di SkyDrive yang bisa didapatkan secara gratis dengan kapasitas 25Gb yang dapat membuat Anda terus terhubung dengan berbagai pekerjaan di manapun Anda berada, melihat dan mengedit dokumen seperti layaknya sedang mengerjakannya di meja kerja.
Tips unggulan, Microsoft Excel 2010 menampilkan banyak jenis template yang sudah tersedia di dalamnya dengan berbagai fungsi yang populer seperti anggaran, untuk mengetahui lebih banyak lagi Anda dapat mengunduhnya dari http://Office.com. Jika Anda benar-benar ingin mengesankan atasan baru, Anda bahkan bisa membuat tampilan sesuai dengan keinginan.
Rumus / Formula Pada Excel 2007
Untuk menguasai Excel, tentunya
tidak mungkin jika kita tidak memahami kumpulan rumus (formula) yang terdapat pada
Excel.
Kami coba membantu Anda memahami apa yang dinamakan rumus, komponennya, bagaimana memasukkan rumus, disertai beberapa link contoh untuk penggunaan yang mudah.
Kami coba membantu Anda memahami apa yang dinamakan rumus, komponennya, bagaimana memasukkan rumus, disertai beberapa link contoh untuk penggunaan yang mudah.
Jika bukan halaman ini yang Anda cari tetapi ingin belajar
Excel dari awal, silahkan kunjungi halaman http://www.belajarexcel.info/2012/10/belajar-excel-bagi-pemula.html.
Rumus atau formula adalah
suatu gabungan dari beberapa elemen yang akan menghasilkan suatu nilai
kembalian.
Elemen-elemen tersebut adalah :
Elemen-elemen tersebut adalah :
- fungsi
- operator
- referensi cell
- nilai konstan berupa angka atau teks
Contoh rumus dan hubungan dari tiap elemen tersebut ditunjukkan dengan ilustrasi berikut.
Penulisan Rumus pada
Excel selalu dimulai dengan tanda sama dengan ( = )
Gambar Animasi : Memasukkan Rumus di Cell
Daftar Operator yang Dapat Digunakan
Selain fungsi, banyak juga yang menanyakan bagaimana
penggunaan operator seperti tanda +, -, *, /, dan lain-lain.
Berikut adalah kategori dan daftar operator yang ada pada Microsoft Excel 2007 dan keterangan untuk membantu menjelaskan penggunaannya :
Berikut adalah kategori dan daftar operator yang ada pada Microsoft Excel 2007 dan keterangan untuk membantu menjelaskan penggunaannya :
- Operator Aritmatika
- + (tanda plus) : digunakan untuk menjumlahkan dua nilai.
- - (tanda minus) : digunakan untuk mengurangi dua nilai, atau digunakan sebagai tanda negasi pada suatu angka konstanta.
- * (tanda bintang) : digunakan untuk mengalikan dua nilai.
- / (tanda garis miring) : digunakan untuk membagi suatu nilai dengan nilai lainnya.
- % (tanda persen) : digunakan untuk merepresentasikan nilai persentase.
- ^ (tanda sisipan) : digunakan sebagai tanda pangkat.
- Operator Perbandingan Nilai
- = (tanda sama dengan) : menunjukkan apakah nilai yang satu sama dengan nilai lainnya.
- > (tanda lebih besar) : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih besar dengan nilai lainnya.
- < (tanda lebih kecil) : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih kecil dengan nilai lainnya.
- >= (tanda lebih besar sama dengan) : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih besar atau sama dengan nilai lainnya.
- <= (tanda lebih kecil sama dengan) : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih kecil atau sama dengan nilai lainnya.
- <> (tanda lebih kecil dan lebih besar) : menunjukkan ketidaksamaan antara dua nilai.
- Operator Penggabungan Teks
- & (tanda dan / ampersand) : digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih teks.
- Operator Referensi
- : (tanda titik dua) : operator range (rentang nilai) yang mengambil dua referensi sel sebagai awal dan akhir rentang nilai.
- , (tanda koma) : operator union yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih referensi menjadi satu referensi sel.
- (tanda spasi) : operator irisan yang digunakan untuk menghasilkan perpotongan dari dua referensi atau lebih menjadi satu referensi sel.
Demikian para pengunjung BelajarExcel.info, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Baru!!: Buat para pengunjung yang ingin menguji
kemampuan Anda dengan berbagai soal Excel, silahkan kunjungi situs kami
di http://soal-latihan.belajarexcel.info.
Setiap soal akan dikirimkan skornya langsung ke email Anda.
http://www.belajarexcel.info/2012/04/rumus-formula-pada-excel-2007.html#.UteJrZDPjCN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar